Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlu Tahu, Segini Tekanan Angin Ban Mobil Ideal Biar Nyaman dan Aman

Panji Nugraha - Senin, 22 April 2024 | 22:01 WIB
Ilustrasi tekanan ban
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi tekanan ban

Otomotifnet.com - Sering diabaikan, ternyata tekanan angin sangat berpengaruh terhadap kenyamanan serta handling saat berkendara.

Agar mobil nyaman diajak kembali mobilitas setelah jalan jauh, disarankan tekanan angin tidak terlalu tinggi atau bahkan kurang, karena bisa bahaya dan rugi.

Tekanan angin ban mobil ideal agar nyaman dan handling enak, diterangkan oleh Surya Dharma, yang merupakan Sales & Marketing Manager PT ElangPerdana Tyres Industries selaku produsen ban Accelera

"Tekanan angin ban sebaiknya di 32-33 Psi, namun jika beban berlebih maka bisa dinaikkan tekanannya," ujarnya dikutip dari GridOto.com.

Saat mobil mendapat muatan berlebih, ada baiknya tambahkan angin dengan menaikan 5-7 psi. 

Kerugian saat tekanan angin ban terlalu tinggi, dipastikan area tapak ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan jadi berkurang.

Saat kondisi seperti ini, tapak ban yang menyentuh aspal hanya bagian tengah saja, sedangkan sisi luar dan sisi dalam ban tidak maksimal menapak.

Enggak hanya itu, tekanan angin ban yang terlalu tinggi bisa membuat bantingan mobil jadi lebih keras.

"Karena ban mobil juga bisa menjadi suspensi, karet ban mobil bisa meredam benturan," ujar Eko Supriyatin, Product Marketing Manager PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban merek GT Radial.

Alhasil, kenyamanan penumpang jadi sangat berkurang.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa