Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penderitaan Pemilik Mobil Diesel Dimulai, Harga Biodiesel Diketok Rp 12.453 Per Liter

Irsyaad W - Kamis, 2 Mei 2024 | 18:30 WIB
Mobil diesel isi Biodiesel B35 wajib sering kuras tangki
Pradana/GridOto.com
Mobil diesel isi Biodiesel B35 wajib sering kuras tangki

Otomotifnet.com - Penderitaan bagi pemilik mobil diesel nampaknya sudah dimulai.

Karena Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) menetapkan Harga Indeks Pasar (HIP) BBN jenis Biodiesel untuk Mei 2024 sebesar Rp 12.453 per liter.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan, HIP BBN Biodiesel tersebut berlaku efektif mulai 1 Mei 2024.

"HIP BBN Biodiesel bulan Mei 2024 mengalami peningkatan Rp 275 per liter, apabila dibandingkan dengan bulan April lalu yang berada di angka Rp 12.178 per liter," ujarnya dalam keterangan tertulis, (1/5/24) menukil Kompas.com.

Besaran HIP BBN jenis Biodiesel dihitung berdasarkan ketentuan Diktum Kesatu Keputusan Menteri ESDM Nomor 3.K/EK.05/DJE/2024 tentang Harga Indeks Pasar Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel yang Dicampurkan ke Dalam Bahan Bakar Minyak Jenis Minyak Solar.

Agus menjelaskan, besaran konversi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) menjadi biodiesel adalah sebesar 85 per metrik ton (MT), dengan cara perhitungan HIP BBN biodiesel menggunakan formula HIP = (harga CPO KPB rata-rata + 85 dollar AS per ton) x 870 kg per m3 + ongkos angkut.

Kementerian ESDM menetapkan biodiesel tahun 2023 sebesar B35 atau 13,15 juta kiloliter (KL). (Dok. Humas Kementerian Ditjen EBTKE)
Kementerian ESDM menetapkan biodiesel tahun 2023 sebesar B35 atau 13,15 juta kiloliter (KL). (Dok. Humas Kementerian Ditjen EBTKE)

"Besaran ongkos angkut mengacu pada besaran maksimal ongkos angkut BBN jenis biodiesel yang dicampurkan ke dalam bahan bakar minyak (BBM) yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri ESDM 146.K/HK.02/DJE/2021 mengenai HIP BBN Jenis Biodiesel yang dicampurkan ke dalam BBM," paparnya.

Adapun untuk konversi nilai kurs menggunakan referensi rata-rata kurs tengah Bank Indonesia periode 25 Maret-24 April 2024 sebesar Rp 15.999 per dollar AS.

Baca Juga: Ini Yang Terjadi Jika Mobil Diesel Kalian Konsumsi Biosolar B35

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa