Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Meski Kuota Penuh, Kemenhub Bisa Buka Lagi Mudik Gratis 2023

Ferdian - Minggu, 26 Maret 2023 | 20:15 WIB
Ada kemungkinan pendaftaran mudik gratis 2023 Kemenhub kembali dibuka, yang sudah daftar harus segera validasi.
TribunJogja.com / Alexander Ermando
Ada kemungkinan pendaftaran mudik gratis 2023 Kemenhub kembali dibuka, yang sudah daftar harus segera validasi.

Otomotifnet.com - Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini, pemerintah mengadakan program mudik gratis.

Kemenhub mencatat, pengguna motor diprediksi akan mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini yang bisa mencapai 123,8 juta orang.

Melalui program ini, diharapkan bisa mengurangi penggunaan motor, yang jadi moda kedua paling favorit masyarakat saat perjalanan masa mudik Lebaran, setelah mobil pribadi.

Kemenhub mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan motor, mengingat potensi kecelakaannya sangat tinggi sehingga dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Untuk itu, masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang mengangkut penumpang dengan bus dan motor dengan truk.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto, mengatakan, saat ini pendaftarannya sudah ditutup karena kuota yang tersedia sudah terpenuhi sejak 13 Maret 2023.

Tercatat, total kuota yang disediakan yaitu sebanyak 24.072 penumpang dengan 585 unit bus.

Namun, masih ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali jika ada pendaftar yang tidak melakukan validasi sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

“Jika yang daftar tidak melaksanakan validasi, maka dianggap batal,” ujar Suharto, dalam keterangan tertulis (24/3/2023).

Untuk itu, Suharto mengimbau masyarakat yang telah mendaftar program mudik gratis dengan bus, untuk melakukan validasi ulang di posko yang sudah ditentukan, maksimal 7 hari setelah pendaftaran.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa