Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlukah Rombongan Moge Dikawal Saat Melaju di Jalan Raya Biar Aman?

Ferdian - Rabu, 1 Mei 2024 | 20:20 WIB
ilustrasi konvoi moge
Kompas
ilustrasi konvoi moge

Otomotifnet.com - Motor gede pasti dibekali dengan mesin yang punya tenaga lebih besar ketimbang kebanyakan motor di jalan raya.

Gap atau selisih kecepatan moge di jalan raya bisa membuat waktu respons pengendara menurun jadi lebih singkat.

Hal itu pula yang bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Lantas, apakah moge membutuhkan pengawalan agar dapat menjaga kecepatan konstan sehingga lebih aman saat melaju di jalan raya?

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, tidak berarti moge harus dikawal, kecuali memang kendaraan prioritas sesuai hukum yang berlaku.

“Meski tanpa pengawalan, rombongan moge tetap bisa aman saat melaju di jalan raya asalkan memperhatikan kecepatan aman sesuai kondisi jalan,” ucap Jusri dikutip dari Kompas.com (29/4/2024).

Jusri mengatakan moge memang memiliki spesifikasi mesin lebih bertenaga sehingga ketika kondisinya memungkinkan dapat mengembangkan kecepatan hingga optimal.

“Tapi bila kondisi jalan tidak lenggang, lalu lintas ramai, permukaan jalan licin, maka pengendara moge seharusnya tidak menambah kecepatan, justru butuh menyesuaikan diri menjadi lebih lambat,” ucap Jusri.

Berapa kecepatan amannya, Jusri mengatakan tidak ada angka baku karena sangat bergantung pada kondisi jalan.

“Pengendara yang membawa moge menjadi pihak yang paling tahu berapa kecepatan paling aman dengan memperhitungkan risiko yang ada, pengendara harus antisipatif terhadap kesalahan orang lain juga,” ucap Jusri.

Sehingga, menurut Jusri, moge tidak harus mendapatkan pengawalan selama dikendarai dengan benar dan menyesuaikan kecepatan berdasarkan kondisi lalu lintas.

Baca Juga: Heboh Jasa Kawal Polantas di Bali Bayar 100 Dolar AS, Polda Bali Bilang Begini

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa